Restoran vegetarian Nirvana Vegan

Author : TJANDRA, BUDIYANTO



Keyword : vegetarian restaurant, surabaya

Sumber : http://repository.petra.ac.id/2507/

Author : NICO, LEROY

PT Orindo Alam Ayu adalah sebuah multi-level marketing yang bergerak dalam bidang kosmetik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tentang tingkat kepuasan komunikasi distributor dan pengaruh kepuasan komunikasi terhadap produktivitas kerja distributor. Teknik penarikan sampling yang digunakan tipe accidental sampling. Pengumpulan data dilakukan melalui studi lapangan dengan membagikan kuesioner. Penelitian ini menggunakan tes validitas dan reliabilitas dan pertanyaan ke 15 dinyatakan tidak valid. Setelah itu data dikumpulkan kemudian diolah dengan analisa regresi linier sederhana yang menunjukkan bahwa kepuasan komunikasi tidak ada pengaruhnya terhadap produktivitas kerja. Dan dapat diungkapkan bahwa kepuasan komunikasi distributor PT Orindo Alam Ayu relatif tinggi karena tercermin dari rata-rata setiap pertanyaan yang ada dalam kuesioner relatif tinggi.

Keyword : communication satisfaction, productivity work

Sumber : http://repository.petra.ac.id/2506/

Author : TJANDRAKUSUMA, SYLVIE



Keyword : working area, account executive, management, work satisfaction

Sumber : http://repository.petra.ac.id/2505/

Author : SURYANATA, RICKY

PT. Cakra Perkasa Jayamulia adalah sebuah perusahaan yang bergerak dalam bidang perencanaan dan pembuatan peralatan khusus. Laporan Tugas Akhir mi dimaksudkan untuk mengetahui perencanaan jadwal kegiatan kerja, taksiran waktu dan biaya penyelesaian, serta analisa waktu dan biaya sesungguhnya yang terjadi dalam proyek direct loading conveyor PT. ADARO INDONESIA Kelanis, Tanjung, Kalimantan Selatan. Laporan ini diharapkan dapat memberikan masukan yang berarti bagi pihak perusahaan.

Keyword : planning, work schedule, analysis of actual time and cost

Sumber : http://repository.petra.ac.id/2504/

Author : SUGIARTO, GONDO

Persaingan industri produk minuman ringan dewasa ini, menyebabkan setiap badan usaha berusaha untuk merebut pangsa pasar. Oleh karenanya, kepuasan pelanggan menjadi prioritas utama yang selalu diperhatikan. Dengan terciptanya kepuasan pelanggan maka pelanggan akan loyal terhadap merek tersebut dengan melakukan pembelian ulang. Hal ini dapat dicapai bila badan usaha produk minuman ringan Coca Cola, secara terus menerus mempertahankan dan meningkatkan kepuasan pelanggan dengan berusaha memenuhi kebutuhan dan keinginan pelanggan yang nantinya akan berpengaruh pada intensitas pembelian. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis linier berganda untuk mengetahui pengaruh. Perhitungan koefisien determinasi (R square) untuk mengukur seberapa besar pengaruh variabel bebas terhadap variabel tidak bebas. Teknik pengujian hipotesis yang dipakai adalah uji F dan uji t. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa elemen-elemen kepuasan pelanggan mempengaruhi loyalitas merek, dimana elemen kepuasan taste mempunyai pengaruh terbesar terhadap loyalitas merek produk minuman ringan Coca Cola.

Keyword : consumer satisfaction, restaurants, coca cola

Sumber : http://repository.petra.ac.id/2503/

Komputerisasi sistem informasi manajemen di PT. Pada Jaya

Author : CAHYADI, JOHAN

Semakin berkembangnya teknologi menuntut adanya suatu sistem informasi yang cepat dan tepat. Kebutuhan akan informasi yang cepat dan tepat diikuti pula dengan pengarsipan dan pengumpulan data yang efektif, baik data persediaan bahan baku, data produksi maupun data penjualan. Sistem informasi manajemen yang berupa pengumpulan dan pencarian data secara manual sudah tidak mampu lagi mencukupi kebutuhan informasi perusahaan dengan cepat, tepat dan akurat. Tujuan pembahasan laporan adalah merancang suatu sistem informasi manajemen yang efektif dan terkomputerisasi yaitu merancang suatu aliran informasi baik berupa dokumen maupun barang antar departermen tanpa menyebabkan adanya duplikasi informasi yang berlebihan dan membangun suatu program basis data yang tangguh untuk mempermudah pengumpuylan data-data. Pembahasan laporan terdiri dari empat tahap yaitu pembuatan sistem informasi manajemen awal perusahaan, pembuatan usulan sistem informasi manajemen perusahaan, perancangan komputerisasi usulan sistem informasi manajemen perusahaan dan pembangunan program basis data dari rancangan komputerisasi usulan sistem informasi manajemen perusahaan. Komputerisasi sistem informasi manajemen perusahaan dengan menggunakan suatu basis data akan memudahkan proses memasukkan, pencarian dan penyimpanan data, sehingga dapat membantu penyediaan informasi dengan cepat, tepat dan akurat. Komputerisasi sistem informasi manajemen dengan menggunakan suatu basis data juga meningkatkan efisiensi waktu dalam pengolahan data.

Keyword : technology, information system, management

Sumber : http://repository.petra.ac.id/2502/

Studi eksperimen iklan-iklan Sampoerna Hijau untuk menilai respon perokok dan bukan perokok di Surabaya terhadap kreatifitas iklan

Author : YUNITA, VERA

Globalisasi yang melanda dunia telah merubah tata cara strategi bisnis sebagian besar perusahaan untuk semakin ketat dalam menghadapi persaingan. Untuk mempertahankan posisinya dalam pasar, perusahaan diharapkan semakin kreatif dalam membuat iklan untuk mendukung bisnisnya, dunia periklanan merupakan suatu investasi untuk menunjang usaha memasarkan produk di pasarnya. Dalam hal ini P.T.H.M. Sampoerna memasarkan produknya Sampoerna Hijau melalui iklan yang unik dan lucu dengan berbagai versi yang berbeda dari jenis iklan yang lain, dengan tujuan untuk mengingatkan dan mempertahankan posisinya dalam pasar. Dari iklan tersebut pemirsa memiliki respon tersendiri terhadap kreativitas yang dimiliki oleh iklan tersebut Dalam penelitian ini digunakan data primer yang diambil langsung dari kuesioner sebanyak 350 responden di Surabaya yang bersedia menyaksikan tayangan iklan, dengan jumlah 175 responden perokok dan 175 responden bukan perokok. Hasil penelitian menunjukan bahwa tidak terdapat perbedaan respon antara perokok dan bukan perokok di Surabaya dalam menilai kreativitas iklan Sampoerna Hijau.

Keyword : advertising, consumer, cigarette

Sumber : http://repository.petra.ac.id/2501/

Author : SUTOYO, SIANNY

Didalam penelitian ini membagikan kuesioner sebanyak 150 responden dan hasilnya menyatakan bahwa tidak terjadi perbedaan tingkat kepercayaan antara member dan non-member di restoran Seafood Sarkies Surabaya.

Keyword : seafood restaurant, members, non members, trust

Sumber : http://repository.petra.ac.id/2500/

Author : KUSUMOHARDJO, VERAWATI

This thesis primarily deals with the superiority complex as seen in William Shakespeare?s Coriolanus, which is the main character of this play. Shakespeare wraps this story in a good form of tragic drama in which the tragic hero meets his downfall because of a flaw in his character. Later, the thesis writer discusses the causes of Coriolanus?s superiority complex and how the superiority complex is manifested in Coriolanus?s life. Thus, the purpose of the study is, firstly. to show that Coriolanus becomes superior because of the influences of his personal qualities, his family atmosphere and the circumstances of the environment. In addition, it is also to show that the Coriolanus?s superiority reveals itself in his intense egocentricity, his pride and his gods-like nature. Then, in her methodology, the thesis writer uses several sources found in library, CD-ROM and internet search engines such as the collection of books and articles. It is a way to get wider and deeper information or criticism about the book itself and the author as well. As a matter of fact, the thesis writer deals with psychological theory namely Adler?s Superiority Complex as the theme of the study, yet she mainly uses literary approach in analyzing Corilanus?s character. In this character study, the thesis writer discusses two analysis namely Coriolanus?s upbringing and Coriolanus?s adulthood. In conclusion, the thesis writer finds that a man with superiority complex shows his egocentricity, pride and gods-like nature which are mostly caused by himself and his environment including his family atmosphere.

Keyword : english, drama, shakespeare, william, coriolanus

Sumber : http://repository.petra.ac.id/2499/

Author : FEBIANI, PAMELA

Kualitas layanan merupakan faktor yang cukup penting pada sebuah supermarket. Apabila kualitas layanan tidak memenuhi harapan konsumen, maka konsumen akan mencari altematif lain untuk tempat berbelanja. Untuk memahami harapan konsumen maka perlu dilakukan perancangan peningkatan kualitas layanan dengan metode QFD. Penggunaan QFD membantu supermarket memfokuskan perbaikan yang sebaiknya dilakukan untuk memenuhi harapan konsumen tersebut. Pihak Supermarket "X" perlu mengetahui harapan konsumen, tingkat kepuasan konsumen, perbandingan dengan kompetitor terhadap kriteria layanan supaya dapat membuat rancangan perbaikan sesuai kemampuan dan komitmen Supermarket "X". Data-data tersebut diperoleh melalui penyebaran kuesioner dengan respondennya adalah konsumen yang berbelanja di Supermarket "X". Penyebaran kuesioner menggunakan teknik non random accidental dan sebanyak 150buah. Pengolahan dari data-data yang telah terkumpul tersebut terlihat bahwa harapan konsumen pada semua dimensi kualitas layanan belum terpenuhi, terutama pada dimensi responsiveness (antrian kasir lama). Harapan konsumen yang yang mempunyai prioritas cukup tinggi, antara lain kecekatan karyawan melayani konsumen, antrian kasir tidak lama dan panjang, dan kualitas produk yang dijual. Konsumen sudah cukup puas dengan kriteria layanan kelengkapan produk yang dijual, penerangan ruangan yang baik, harga bersaing, dan kerapian penataan produk sesuai kelompoknya. Dibandingkan dengan kompetitornya, secara keseluruhan kualitas layanan Supermarket "X" sama (tidak ada beda). Tetapi dilihat dari dimensi kualitas layanan yang ada Supermarket "X" lebih unggul pada dimensi tangible dan Supermarket "Z" lebih unggul pada dimensi assurance.

Keyword : service-quality, quality function deployment, customer satisfaction

Sumber : http://repository.petra.ac.id/2498/

Analisa pengaruh atribut produk terhadap pembentukan brand image radio Global FM di Surabaya

Author : , ERWIN

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa jauh atribut produk yang terdiri dari kemasan acara yang ditawarkan, kelengkapan koleksi lagu, kualitas pemberitaan, request time, dan kualitas penyiar mempengaruhi pembentukan Brand Image radio Global FM. Alat analisa yang akan digunakan didalam penelitian ini adalah menggunakan regresi berganda dan menggunakan bantuan program SPSS 11.0. Didalam penelitian ini membuktikan bahwa kelima atribut produk benar-benar berpengaruh terhadap pembentukan Brand Image radio Global FM dan telah terbukti bahwa variabel acara mempunyai prosentase terbesar dalam pembentukan Brand Image radio Global FM.

Keyword : product attribute, brand image, radio

Sumber : http://repository.petra.ac.id/2497/

Rancangan peningkatan kepuasan konsumen di Supermaket X dengan metode quality function deployment

Author : INDRI, JOCKEYANNA

Kualitas layanan mempunyai pengaruh yang cukup besar di dalam pencapaian kepuasan konsumen terutama untuk usaha yang bergerak di bidang jasa layanan seperti halnya sebuah supermarket. Dengan metode QFD ini diharapkan pengelola supermarket dapat memusatkan rencana atau langkah-langkah yang akan diambil pada hal-hal yang sesuai dengan apa yang dibutuhkan dan diinginkan konsumen. Untuk membuat rancangan tersebut, pihak supermarket harus mengetahui hal-hal yang menjadi prioritas konsumen terhadap kategori layanan, tingkat kepuasan konsumen, perbandingan dengan kompetitor. Perbaikan-perbaikan yang dilakukan tersebut harus sesuai dengan kemampuan supermarket itu sendiri. Berdasarkan House of Quality yang telah dibuat maka dihasilkan beberapa langkah-langkah yang harus dilakukan oleh Supermarket "X", antara lain adalah: pembentukan divisi-divisi khusus (kontrol produk, kontrol SDM).

Keyword : customer satisfaction, quality function deployment

Sumber : http://repository.petra.ac.id/2496/

Author : , ELLYNAWATI

Penelitian ini memiliki tujuan untuk melihat pengaruh market, size dan book to market equity terhadap perubahan fundamental di Indonesia, baik secara parsial maupun simultan. Sektor yang digunakan sebagai sampel adalah sektor aneka industri dan industri barang konsumsi yang telah mempublikasikan laporan keuangannya secara kontinyu selama tahun 1994 sampai 2004 di Bursa Efek Jakarta. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa market berpengaruh secara signifikan terhadap perubahan fundamental yaitu pada sales dan economic income pada sektor aneka industri dan industri barang konsumsi di Indonesia. Sedangkan size dan book to market equity tidak memiliki pengaruh yang signifikan terhadap perubahan fundamental pada sales dan memiliki pengaruh yang signifikan pada economic income pada sektor aneka industri dan industri barang konsumsi di Indonesia.

Keyword : market, size, book to market equity

Sumber : http://repository.petra.ac.id/2495/

Author : PUSPITA, CELVICA

Industri perhotelan dewasa ini merupakan salah satu industri yang bergerak cepat dalam bidang jasa akomodasi. Dengan semakin bertumbuhnya industri perhotelan di Indonesia maka setiap hotel, khususnya hotel-hotel di Surabaya, saling bersaing dalam memberikan layanan yang berkualitas. Kepuasan konsumen merupakan hal utama yang harus diperhatikan oleh para pekerja yang berkecimpung dalam dunia servis, begitu pula dengan staf dari Hotel 'X', Surabaya. Mereka terus berusaha memberikan servis yang terbaik agar para tamu, khususnya tamu VVIP dan VIP, betah menginap di hotel mereka. Ini terutama adalah tugas dari seorang Guest Relation Officer. Para tamu yang menginap di Hotel 'X', Surabaya, khususnya tamu VVIP dan VIP, tidak mempunyai penilaian yang sama terhadap kualitas servis antara satu dengan yang lain. Karena itu dalam penelitian tugas akhir ini, penulis ingin mengetahui apakah ada hubungan antara penilaian yang diberikan oleh tamu terhadap keterandalan, ketanggapan, dan empati dari GRO dengan faktor karakteristik dari tamu yang menginap di Hotel 'X', Surabaya. Untuk mengetahui hubungan antara karakteristik tamu tersebut dengan penilaian yang mereka berikan, penelitian ini akan dilakukan secara kuantitatif. Adapun sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah tamu VVIP dan VIP yang menginap di Hotel 'X', Surabaya, yaitu sebanyak 75 orang responden dengan menggunakan metode non random sampling. Tehnik analisa yang digunakan oleh penulis dalam mengolah data adalah Tabulasi Silang dan chi sauare dengan program SPSS for Window 9.0 Version. Hasil penelitian menunjukkan bahwa mayoritas tamu WIP dan VIP Hotel 'X', Surabaya adalah tamu pria berusia 40 tahun ke atas dengan gaya hidup business person. Sedangkan penilaian tamu terhadap keterandalan, ketanggapan, dan empati dari GRO pada umumnya baik. Dari hasil penelitian tersebut penulis juga dapat menyimpulkan bahwa tidak ada hubungan antara penilaian tamu dengan faktor gaya hidup tamu sebagai business person.

Keyword : hospitality industry, vvip, vip, guest relation officer

Sumber : http://repository.petra.ac.id/2494/

Author : MARIA, AILEN

Multi Level Marketing adalah sebuah sistem pemasaran baru yang digunakan oleh Oriflame. Sistem pemasaran ini dilakukan oleh seorang distributor. Sistem pemasaran MLM mampu menarik minat sebagian besar masyarakat untuk menjadi distributor. Banyak faktor yang menarik minat masyarakat untuk bergabung menjadi anggota distributor, dalam hal ini penulis mengambil 3 faktor dalam proses me motivasi kerja distributor yaitu proses pemberian insentif, proses pemenuhan kebutuhan dan proses pemahaman produk di dalam MLM Oriflame. Dari hasil analisis penulis menyimpulkan bahwa proses pemberian insentif, proses pemenuhan kebutuhan dan proses pemahaman produk memiliki pengaruh yang kuat terhadap motivasi kerja distributor MLM Oriflame di Surabaya.

Keyword : marketing system, oriflame, gift incentive process, fulfillment needs, process, comprehension product process, work motivation

Sumber : http://repository.petra.ac.id/2493/

Author : SHANTI, R

Model keputusan pendanaan suatu perusahaan yang ada selama ini biasanya dipengaruhi oleh "leverage", kesempatan investasi, dan tingkat pertumbuhan ketika pasar modal dalam keadaan tidak sempurna. Model ini tidak dapat memberikan pedoman dalam membuat keputusan pendanaan yang optimal apabila sebuah perusahaan menghadapi biaya tinggi akibat penggunaan hutang dan ekuitas secara bersama-sama. Salah satu alternatif terbaik untuk mengatasi masalah tersebut ialah dengan menerbitkan obligasi konversi. Pengaruh kondisi industri, kesempatan pertumbuhan, dan reaksi pasar mempengaruhi keputusan diterbitkannya obligasi konversi.

Keyword : corporate, finance, investment, convertible debt, industry conditions, growth opportunities, market reactions

Sumber : http://repository.petra.ac.id/2492/

Author : WIJAYA, FREDDY

Semakin berkembangnya restoran Eropa di Surabaya baru-baru ini merupakan suatu fenomena yang menarik untuk diamati oleh penulis. Pembahasan yang dilakukan pada skripsi ini berhubungan dengan motivasi-motivasi konsumen dalam proses pembelian dan analisa yang meliputi analisa motivasi rasional dan emosional serta ketergantungan antara variabel-variabel yang telah ditetapkan sehingga terbentuk kesimpulan dari analisa ketergantungannya. Hasil data-data tersebut diperoleh dengan cara penyebaran kuesioner secara sampling random. Dari data-data yang diperoleh tersebut, dianalisa dengan analisa deskriptif dan diolah dengan menggunakan metode Chi-square. Dari hasil analisa itu sendiri dapat diketahui macam-macam motivasi yang mempunyai ketergantungan dan yang tidak mempunyai ketergantungan dengan variabel-variabel yang telah ditetapkan. Oleh karena itu Restoran Calvados diharapkan bisa mengevaluasi segala aspek secara total dengan mempertimbangkan saran-saran yang diberikan melalui skripsi ini.

Keyword : calvados restaurant, costumer motivation

Sumber : http://repository.petra.ac.id/2491/

Author : TRIHASTUTI, MELANIE

Seiring dengan semakin modernnya perkembangan jaman menyebabkan meningkatnya persaingan khususnya pada industri rokok. Untuk mempertahankan posisinya dalam pasar serta adanya peraturan pemerintah tentang rokok sehingga membuat perusahaan berusaha melakukan inovasi terhadap produknya. Dalam hal ini PT. Nojorono melakukan positioning pengembangan produk baru melalui produk rokok Clas Mild yang berbeda dari produk sebelumnya yang ditinjau dari kemasan, harga dan rasa. Dari segi kemasan terdiri dari warna, logo dan bentuk tulisan. Dari segi harga didasarkan pada harga rokok sebesar Rp.5500 dan berdasarkan daya beli konsumen. Sedangkan rasa terdiri dari rasa manis, aroma asap dan hisapan. Dalam penelitian ini digunakan data primer dengan menyebarkan kuesioner kepada pengguna rokok Clas Mild. Dalam penelitian ini digunakan alat analisa Regresi Linear Berganda dimana dengan hasil bahwa kemasan, harga dan rasa mempunyai pengaruh terhadap positioning pengembangan produk baru rokok Clas Mild. Dengan hasil tersebut maka hipotesa diterima dimana variabel kemasan mempunyai hubungan yang paling dominan dalam mempengaruhi positioning pengembangan produk baru rokok Clas Mild.

Keyword : marketing, product management, positioning, cigarette

Sumber : http://repository.petra.ac.id/2490/

13 C-Ave

Author : SOEBANDI, STEFANUS



Keyword : business planning, restaurant

Sumber : http://repository.petra.ac.id/2489/

Author : CIA, YENNI

This thesis is written to analyze the idea of the effects of chastity and charity to the characters in Joseph Andrews, written by Henry Fielding. By discussing the effects to the characters in this book, the thesis writer observes that that the characters that live in the country have chastity and charity, while the characters that live in town do not have chastity and charity. Therefore, the thesis writer wants to find the effects of chastity and charity to the characters in two different settings. In order to achieve the purpose in studying the topic, the thesis writer uses literary approach and literary tools : theme, characterization and setting. In the analysis, the thesis writer explains that the characters, who have chastity and charity tend to have a happier life than the characters, who do not have. Then, the thesis writer comes to know that setting has a great effect on the characters. Through this analysis, it is found that country is preferable than a town and that chastity and charity are needed in this life.

Keyword : english, fiction, fielding, henry, joseph, andrews, chastity, charity

Sumber : http://repository.petra.ac.id/2488/

Analisa tingkat kepuasan pelanggan terhadap kualitas jasa Hotel Novotel Surabaya

Author : SUGIANTO, ERWIN

Analisis Tingkat Kepuasan Pelanggan Terhadap Kualitas Jasa Hotel Novotel Surabaya berupaya untuk mengetahui kepuasan dan tidaknya dari para tamu terhadap kualitas produk dari Hotel Novotel Surabaya, dalam hal silent service, image, proactive service, dan quality service. Dimana Hotel Novotel Surabaya yang telah dibuka sejak tahun 1995 telah melewati tahap perkenalan, pertumbuhan, dan sekarang berada pada tahap kematangan pada siklus daur hidup produk (product life cycle). Karena itu penulis ingin mengetahui apakah Hotel Novotel Surabaya telah berhasil memenuhi harapan para konsumennya dalam hal silent service, image, proactive service, dan quality service dengan menggunakan Matriks Prestasi-Kepentingan dalam menganalisa.

Keyword : quality service, novotel hotel, customer satisfaction

Sumber : http://repository.petra.ac.id/2487/

The Influence of leadership style to the employee s loyalty in Restaurant Rasa Senang Oisterwijk

Author : WIDODO, MONICA

Recently in the organizations, the loyalty of the employees becomes more and more important. The managers give more effort and spend more money to gain and maintain employees' loyalty. Customer Loyalty is important, but through employee's loyalty we also can get the loyalty of the customers. That's why through this research we want to analyze the influence of leadership style implemented by the manager of restaurant Rasa Senang Oisterwijk to the loyalty of the employees. In the first chapter, we will show why we choose this topic and why this topic becomes so important to restaurant. In this chapter we also explain our research problem, research questions and a little bit about Rasa Senang restaurant itself. The second chapter contains of a complete and detailed analysis of the references used for the topic of leadership style and employee's loyalty. In the next chapter, we explain our method of analysis. This research uses quantitative method with percentage technique of analysis. And the readers can find the result of our research in the chapter 4. In this chapter we analyze the leadership style implemented by the manager of Rasa Senang and also its connection with the employee's loyally. And for the last chapter, we make the conclusion of our research from the beginning until the result and try to give some useful recommendations for Rasa Senang restaurant. ,

Keyword : employee, restaurant, leadership, loyalty

Sumber : http://repository.petra.ac.id/2486/

The Inventory system of alcoholic beverage and wine to achieve the effetiveness and efficiency in Moy Fa Restaurant

Author : HADRIAN, HARVEY

The thesis is written as the as the final part of the trainingship in order to examine and improve the inventory systems in Moy Fa Restaurant. The writters use qualitative research method . The qualitative research is divided into two parts. The first part of the thesis will introduce about the history of Moy Fa Restaurant, the previous system that is used in Moy Fa Restaurant for purchasing, receiving, and storing. The second part of the thesis is about the literature reviews those are used by the writters. The literature reviews explain about the good systems for purchasing, receiving, storing, iventory and also about the effective and efficiency. Based on the observation of the previous system in Moy Fa Restaurant that is done by the writters and comparing it with the literature review from the second part, the writters found some problems that would become a case study. The writter hopes that with the new system suggested by the writters can be applied in the Restaurant, so the inventory system for alcoholic beverage and wine in Moy Fa Restaurant is getting better and more efficient and effective.

Keyword : inventory system, restaurant

Sumber : http://repository.petra.ac.id/2485/

Perlakuan akuntansi terhadap transaksi pajak pertambahan nilai di PT. X Surabaya

Author : HUDAYA, FENNY

Pajak adalah salah satu sektor penerimaan negara yang penting. PPN adalah salah satu unsur vital pajak yang menimbulkan penerimaan negara yang cukup besar. Namun masih banyak Pengusaha Kena Pajak yang tidak membayar PPN. Alasannya pun cukup menimbulkan simpati, yaitu kurang pahamnya Pengusaha Kena Pajak akan tata cara perpajakan. PT "X" yang merupakan obyek penelitian ini adalah salah satunya sehingga penulis merasa tertarik untuk mengambil topik ini dan menggunakan PT "X" sebagai obyek penelitian untuk penulisan skripsi. Penulisan skripsi ini mengambil topik perlakuan akuntansi terhadap PPN. Penulis menggunakan jenis penelitian deskriptif dengan desain studi kasus, yang bertujuan untuk membahas atau mengkaji suatu masalah atau kasus tertentu secara mendalam. Penulis melakukan penelitian ini karena ingin mengetahui perlakuan akuntansi terhadap PPN yang benar dalam kaitannya dengan pencatatan PPN untuk transaksi tersebut dalam rangka penyajian laporan keuangan yang dilakukan oleh PT "X". Sesuai dengan rumusan masalah yang diambil, dan melalui penelitian yang dilakukan atas rumusan masalah tersebut, penulis telah menemukan bahwa PT "X" telah melakukan pencatatan atas semua transaksi yang berkaitan dengan PPN secara lengkap. Meskipun pencatatan yang dilakukan PT "X" dapat dikatakan lengkap, tetapi perlakuan akuntansi yang diterapkan dalam pencatatannya masih kurang tepat.Terhadap perlakuan akuntansi yang kurang tepat tersebut, diusulkan cara pencatatan yang benar agar PT ?X? dapat mengkoreksi pencatatannya. Usulan koreksi yang penulis lakukan terhadap pencatatan PT ?X? menimbulkan perubahan pada laporan keuangan yaitu laba perusahaan di laporan rugi laba menjadi lebih kecil dan menambah akun utang PPN di Neraca PT ?X?.

Keyword : accounting treatment, value added tax

Sumber : http://repository.petra.ac.id/2484/

Author : NATALIA, MARIA

Nowadays, business competition becomes so high between companies. Customer satisfaction is a crucial thing to keep companies in business. That is why; every company is trying to exceed customer satisfaction. Customer satisfaction can be reached by improving company's processes continuously. First step in improving the process in PT. Doulton is identifying the problem that faced by company. After that, the measurement and analysis are done to identify the root cause of the problem. The measurement and analysis processes are using process mapping method. Then, the corrective actions that need to take are identified. The problem faced by PT. Doulton is the big number of body fault found in Enamel Selection Department. This problem happened because the Glost Selection Department did not do detailed checking to glost, and sampling method used in QA glost did not represent the real condition of the batch. The corrective action suggested are reduced the target value set for glost selector, so glost selector can do detailed checking to glost. Moreover, PT. Doulton can used suggested sampling method that represent the batch condition better than the previous one.

Keyword : process improvement, process mapping, sampling method

Sumber : http://repository.petra.ac.id/2483/

Author : ROSALIA, VESTINA

PT. Philips Ralin Electronics Surabaya (PRE) merupakan perusahaan yang memproduksi lampu dan komponen lampu. Perusahaan ini berencana untuk melaksaksanakan program Ship to Stock (STS) kepada packaging supplier. Ship to Stock adalah proses sertifikasi supplier agar dapat mengirimkan produk ke PRE tanpa melalui incoming inspection. Oleh karena itu, perlu dilakukan tindakan perbaikan sistem manajemen kualitas di packaging supplier agar kualitas packaging yang dikirim baik dan stabil. Perbaikan difokuskan pada pemenuhan persyaratan STS dan hal-hal yang menunjang persyaratan tersebut, yaitu Outgoing Inspection, Batch Certificate, Supplier Rating, Supplier "Quality System" Assessment, Control Plan, SPC, 8 Discipline Report, dan Process FMEA. Setelah perbaikan, supplier F telah memenuhi semua persyaratan dengan nilai Supplier Rating untuk kriteria quality sebesar 35 pom dalam lima bulan berturut-turut dan nilai Supplier "Quality System " Assessment pada bulan Nopember 2003 sebesar 64,29%. Dilakukan analisa kriteria persyaratan STS.

Keyword : ship to stock, packaging supplier, quality management system

Sumber : http://repository.petra.ac.id/2482/

Author : WAHYU, AMBAR

Mahasiswa UK Petra bertambah setiap tahunnya, sedangkan kapasitas lahan parkir mobil cenderung tetap, sehingga terjadi ketidakseimbangan antara kebutuhan dengan ketersediaan lahan. Jika kebutuhan lahan dipenuhi dengan mempersempit petak menimbulkan ketidakpuasan bagi pihak pengguna. Penelitian bertujuan mengusulkan standar petak parkir optimum. Survey yang dilakukan berupa pengamatan lama manuver parkir dan penyebaran kuesioner kepada mahasiswa. Dari survey lama manuver didapatkan waktu yang dibutuhkan melakukan manuver. Dari kuesioner diketahui tingkat kepuasan terhadap petak parkir. Digunakan analisa chi-square untuk mendapatkan faktor yang saling berpengaruh antara karakteristik mobil, pengemudi dan petak. Untuk menentukan desain petak parkir optimum digunakan analisa ANOVA (General Linear Model). Berdasarkan hasil analisa disimpulkan bahwa dari segi karakteristik petak, faktor yang sangat mempengaruhi lama manuver untuk sudut 45? adalah lebar petak dan untuk sudut 90? adalah lebar aisle. Desain petak parkir optimum untuk sudut 45? dipilih lebar petak 3.6 m dengan aisle 3.2 m sedangkan untuk 90? dipilih lebar petak 2.2 m dengan aisle 5.4 m.

Keyword : parking maneuver, parking space design

Sumber : http://repository.petra.ac.id/2481/

Author : MULYANI, MELITA

This thesis deals with the hypocrisy that is dominantly seen through the main character, Elmer Gantry, in Sinclair Lewis?s Elmer Gantry. Sinclair Lewis is a satirist of the American life and the first American who is awarded the Nobel Prize for Literature. Moreover, his works are done by researches in the reality. The novel, Elmer Gantry, satirizes the condition of religion in America at that time which is full of hypocrisy. Through this thesis, the thesis writer wants to show that there are some internal factors, which are Elmer Gantry?s character trait and his ambitions, and some external factors, which are his mother?s influence and the strict regulation of the church where he works as a preacher that make him to be a hypocrite. Here, the thesis writer uses the definition of hypocrisy and hypocrite and related literary theories of characterization and conflict to analyze the problem. From the analysis, she finds that his worldly habits, his arrogance, and his weak character; his ambitions of being a popular and rich man; his mother?s stronger influence; and the church?s strict regulation which is not suitable to his real self have caused him to be a hypocrite. He pretends to be a good and religious person in front of the people when he becomes a preacher although he keeps doing his preference. Moreover, Elmer Gantry could be said to be not fully aware of his hypocrisy.

Keyword : american, fiction, lewis, harry, sinclair, hypocrisy, elmer, gantry

Sumber : http://repository.petra.ac.id/2480/

Author : MELITA, LINA

Kapasitas lahan parkir Universitas Kristen Petra yang ada saat ini tidak seimbang dengan bertambahnya jumlah mahasiswa yang memarkir mobil karena luas lahan yang terbatas, salah satu alternatif pemecahannya adalah membangun gedung parkir. Survei lapangan dilakukan untuk mengetahui jumlah mobil yang parkir saat ini. Hasilnya diprediksikan untuk beberapa tahun ke depan sehingga dapat ditentukan kapasitas dan perkiraan biaya konstruksi gedung parkir. Selain itu dibuat kuisioner untuk mengetahui alternatif penyediaan fasilitas parkir dan sistem tarif yang paling banyak dipilih oleh mahasiswa. Dua altematif gedung parkir yaitu gedung parkir I yang terdiri dari dua gedung dengan ketinggian masing-masing empat lantai dan gedung parkir II dengan ketinggian tujuh lantai. Sistem tarif parkir ditentukan berdasarkan analisa Break Even Point (BEP) dan Benefit-Cost Ratio (B/C ratio). Kedua alternatif gedung parkir mencapai BEP setelah 32 tahun dan B/C ratio lebih besar dari 1. Analisa kuisioner dan Bar-Chart memperlihatkan bahwa alternatif gedung parkir I dengan sistem pembayaran harian lebih diminati. Berdasarkan uji dependensi (Chi-Square), faktor jurusan paling banyak berpengaruh pada pemilihan alternatif parkir.

Keyword : parking building. break even point, benefit-cost ratio

Sumber : http://repository.petra.ac.id/2479/

Author : WEN, SHU

Salah satu bentuk penerapan teknologi informasi pada Perpustakaan adalah sistem Sirkulasi terkomputerisasi. Agar dapat mengamankan asset, menjaga integritas data, mencapai efektivitas dan efisiensi sistem maka perlu dilakukan pemeriksaan atas sistem informasi berbasis komputer tersebut. Sehubungan dengan hal itu, tujuan penelitian ini adalah untuk mengevaluasi apakah pengendalian masukan (input control) dan pengendalian batasan (boundary control) dalam penerapan sistem Sirkulasi terkomputerisasi pada Perpustakaan telah memadai. Jenis penelitian yang dilakukan penulis adalah penelitian deskriptif berupa studi kasus dengan obyek penelitian Perpustakaan Universitas Kristen Petra. Jenis data yang digunakan adalah data kualitatif dan sumber data yang digunakan adalah data primer dan sekunder. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah studi lapangan. Dalam studi lapangan, penulis menggunakan 3 cara, yaitu: observasi, wawancara dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan adalah analisis kualitatif. Terdapat 2 bagian yang dianalisis dan dibahas oleh penulis, yaitu pertama, pengendalian masukan meliputi: pengendalian jejak pemeriksaan, metode pemasukan data, desain tampilan data yang diketikkan, pengendalian pengkodean data, validasi atas data yang dimasukkan dan pengendalian keberadaan. Kedua, pengendalian batasan meliputi: pengendalian jejak pemeriksaan, pengendalian kriptografi, pengendalian akses dan pengendalian keberadaan. Berdasarkan analisis dan pembahasan yang telah dilakukan penulis, diketahui bahwa pengendalian masukan dan pengendalian batasan dalam penerapan sistem Sirkulasi terkomputerisasi masih kurang memadai.

Keyword : input controls, boundary controls, computerized circulation system

Sumber : http://repository.petra.ac.id/2478/

Tata cara penentuan Nilai Jual Objek Pajak (NJOP) untuk bandar juanda dengan metode pendapatan (income approach)

Author : CHRISTIANTI, GRACE

Nilai Jual Objek Pajak (NJOP) erat kaitannya dalam perhitungan Pajak Bumi dan Bangunan (PBB). Fungsi NJOP tidak hanya digunakan dalam perhitungan Pajak Bumi dan Bangunan tetapi juga digunakan untuk keperluan atau instansi lain. Dalam menentukan NJOP secara tepat menggunakan 2 meode yaitu metode income approach dan metode cost approach, sehingga hasil dari kedua metode atau pendekatan tersebut dapat dibandingkan. Penggunaan metode penilaian Income Aproach ni digunakan sebagai alat penguji atas penilaian Cost Approach. Penulis menggunakan jenis penelitian deskriptif dan berusaha menerapkan perbandingan Nilai Jual Objek Pajak (NJOP) yang dihasilkan dari kedua pendekatan tersebut. Dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa NJOP yang dihasilkan dari pendekatan pendapatan lebih besar dari NJOP yang dihasilkan dari pendekatan biaya dengan selisih sebesar Rp. 557.120.760,-

Keyword : njop, income approach

Sumber : http://repository.petra.ac.id/2477/

Author : PUSPASARI, EVELYN

Den Haag CS is an important station in the Dutch railway. There are a lot of tracks going in and out of the station. Because of the increasing demand of rail transportation, it is necessary to add new tracks. Since the space available is very limited and there are so many tracks already existed, it is decided to build a fly-over and to use a light-train system instead of a regular train system. Because of those reasons, there will be a project called the Randstadrail project. Since the Randstadrail project covers very wide aspects, the study will be only on the alternative solution of the construction of the fly-over Rijnstraat. The study will be done by studying the preliminary design that has been done for the project, analyzing the structures used in the project, and studying the possibility of the location of the structures and the possibility of the construction methods. After calculating the possible structures for the fly-over Rijnstraat and studying the possible construction method for the fly-over Rijnstraat, there is some cost estimating for the Fly-Over Rijnstraat, for each type of the possible structures. In the end, the result of the study is a comparison table to give some impressions of each possible structure,which can best be applied depending on the priority given.

Keyword : the alternative solution of the fly-over rijnstraat, design study

Sumber : http://repository.petra.ac.id/2476/

Analisis perbandingan antara atribut-atribut produk outlet fast food Mcdonald s dan Kentucky Fried Chicken Jl Raya Darmo ditinjau dari persepsi konsumen di Surabaya

Author : CHANG, LULU

Restoran fast food dianggap dapat menyajikan layanan yang lebih cepat dan lebih baik dengan lebih memperhatikan pada marketing (customer) relalionship. Perkembangan fasi food di Indonesia mengalami perkembangan yang sangat pesat. Diantara sekian banyakfast food tersebut yang memiliki posisi kuat di mata konsumen adalah KFC dan McDonald's. Hal ini terlihat dari hasil survei Indonesian Customer Satisfaction lndex (ICSI) pada tanggal 5-18 September 2002 di 6 kota besar Indonesia yaitu Jakarta, Bandung, Semarang, Surabaya, Medan, dan Makasar dengan menggunakan metode wawancara tentang peringkat kepuasan restoran fastfood menunjukkan bahwa fastfood McDonald's menduduki peringkat pertama, disusul oleh Kentucky Fried Chicken, Pizza Hut, California Fried Chicken, Hoka-Hoka Bento, Dunkin Donut's, dan Texas Fried Chicken. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui perbedaan antara atribut-atnbut produk outlet fast food Mc.Donald's Jl. Raya Darmo dengan outlet fast food Kentucky Fried Chicken Jl. Raya Darmo berdasarkan persepsi konsumen di Surabaya. Data yang digunakan dalam penelitian data primer yang diperoleh melalui penelitian kuesioner. Analisis data dilakukan dengan menggunakan ANOVA yaitu dengan uji F. Hasil analisis dan pengujian hipotesis secara keseluruhan menunjukkan bahwa tidak terdapat perbedaan yang signifikan. Dilihat dari nilai rata-rata skor pada atribut value to price relalionship, menunjukkan terdapat perbedaan yang signifikan. Perbedaan atribut product quality ini, berdasarkan pengujian statistik dengan uji F pada taraf uji 5% menunjukkan tidak terdapat perbedaan yang signifikan. Pada atribut product features menunjukkan tidak terdapat perbedaan yang signifikan. Pada atribut reliability menunjukkan terdapat perbedaan yang signifikan antara atribut produk fast food McDonald's dan Kentucky Fried Chicken ditinjau dari atribut reliability. Atribut response to and remedy of problems pada Kentucky Fried Chicken dan McDonald's menunjukkan terdapat perbedaan yang signifikan. Perbedaan atribut sales experience ini, berdasarkan pengujian menunjukkan terdapat perbedaan yang signifikan antara atribut produk fast food McDonald's dan Kentucky Fned Chicken. Perbedaan atribut convenience ofacauisition ini fast food McDonald's dan Kentucky Fried Chicken menunjukkan tidak terdapat perbedaan yang signifikan antara atribut produk

Keyword : fast food, marketing, customer, product quality, reliability

Sumber : http://repository.petra.ac.id/2475/

Author : YUSFITA, FITHRES

Penyediaan fasilitas parkir untuk hotel sangat penting untuk mendukung pelayanan hotel. Kajian tentang keperluan parkir untuk hotel, khususnya hotel berbintang 3 dan 4 di Surabaya telah dicoba dilakukan, dengan meneliti perpakiran di 10 hotel terpilih. Survei dilakukan dengan mencatat plat nomor kendaraan, okupansi kendaraan, dan proporsi pengunjung hotel pada saat ada kegiatan khusus (event) dan tidak ada kegiatan khusus (biasa). Untuk mendapatkan model persamaan matematis terbaik dilakukan dengan metode Pearson Correlation, Stepwise Regression, dan Linear Regression. Hasil analisa menunjukkan bahwa model terbaik regresi linear berganda untuk sepeda motor (biasa) adalah Log(yl) = 0.447 + 0.547 log (x2) + 0.360 log(x4(i)), sepeda motor (event) adalah Log(yl) = 1.10 + 0.645 log(x4(b)) + 0.352 log(x4(c)), mobil pribadi (biasa) adalah Log(y2) = 1.17 + 0.0311 xl + 0.00222 x2, mobil pribadi (event) adalah Log(y2) = 1.72 + 0.00806 xl + 0.0333 x4(e). Model matematis terbaik regresi linear sederhana adalah untuk sepeda motor (biasa) adalah Log(yl) = 1.33 + 0.00563 x2, sepeda motor (event) adalah Log(yl) = 1.19 + 0.794 log(x4(b)), mobil pribadi (biasa) adalah Log(y2) = 1.18 + 0.0408 xl, mobil pribadi (event) adalah Log(y2) = 1.02 + 0.710 log (xl). Dimana xl adalah jumlah pengunjung, x2 adalah juinlah karyawan yang hadir, x4(b) adalah luas ruang karyawan, x4(c) adalah luas ruang mesin, gudang dan alat-alat, x4(e) adalah luas raung yang disewakan, x4(i) adalah luas lahan parkir, x4(l) adalah luas total lahan, dan x7 adalah okupansi hotel.

Keyword : parking, hotel, trip generation

Sumber : http://repository.petra.ac.id/2474/

Food cost investigation in Golden Tulip Epe

Author : ONGKOWIDJOJO, DIANA

The Food and Beverage Department in a hotel is one of the departments that generates big revenue. Kitchen, as food production facility plays a big role in producing these big numbers. Cooperation with related departments in providing food service is very essential. Specially Sales and Marketing Department in selling the food product. Cost Control Department also plays a big role in determining the revenue generated. When the food cost increases (is fluctuating), this is not only the Kitchen's mistake. Because as a team, together all departments should be supporting each other in many ways, especially in sharing crucial information. With this research the writer try to investigate why the communication between departments is very essential in generating maximum revenue for the management, and how the existence of the food cost calculation will influence the food cost percentage, which finally will end up in company's revenue. The research question was:'Is there a relation between the fluctuation of the food cost percentage in Golden Tulip Epe and the implementation of the standard calculation formula? From the literature research there appeared to be seven areas of focus concerning food cost: essential of control svstem(the importance of control system for Golden Tulip Epe);the method of calculation food cost; the method of food cost control ;food control check list; standard recipes; standard portion size; and management responsibilities. Historical research, literature research, observational method and analyzing qualitative data were used as the research methodology. Finalizing conclusions were about traditional kitchen management, non actual food cost report, lack of cooperation and communication between department shortage of purchasing order procedures, lack of work efficiency. The goal of this research is to find out indications of what factor plays a main role in the unacceptable food cost fluctuation at the Golden Tulip Epe and what can be done to improve the management performance.

Keyword : food cost, management, restaurant

Sumber : http://repository.petra.ac.id/2473/

Author : SHENY, TAN

Pada umumnya pondasi tiang dipakai untuk bangunan tinggi. Aspek terpenting dari pondasi tiang adalah mengenai daya dukung yang disebabkan oleh beberapa hal. Salah satunya adalah tanah dukung di bawah pondasi tidak mampu lagi menahan beban di atasnya. Penentuan daya dukung merupakan hal yang sangat penting, karena dengan mengetahui besamya daya dukung, maka beban rencana dan faktor keamanan tiang dapat direncanakan. Metode-metode perhitungan daya dukung yang dibahas adalah berdasarkan data-data sondir, SPT, hasil Tes Pembebanan, dan calendaring yang ditulis oleh beberapa ahli. Masing-masing metode tersebut memiliki keuntungan dan kerugian, sehingga perlu dicoba untuk membandingkan tiap-tiap metode tersebut. Hasil perhitungan yang telah dilakukan terhadap 8 proyek menunjukkan bahwa perumusan Bustamante 1982 (dari data Sondir) dan perumusan oleh Meyerhoff 1976 (dari data SPT) adalah perumusan-perumusan statis yang lebih mendekati dengan hasil yang didapat dari Tes Pembebanan dan calendaring.

Keyword : pile foundation, bearing capacity, CPT, SPT, loading test, calendaring

Sumber : http://repository.petra.ac.id/2472/

Author : TIRTODIHARJO, JENNY

This thesis is about a linguistic phenomenon in one of the popular humorous entertainment programs, 'Ketoprak Humor??, in RCTI as one of the Indonesian private television channels. Based on the conversations that appear in 'Ketoprak Humor', I find that the players use Javanese speech levels in delivering the story and according to the theories, there are some factors that may influence the use of a particular level. Therefore this study is an attempt to analyze the use of Javanese speech level and the influence of social rules, i.e. social factors and social dimensions on the choice of the Javanese speech levels in the episode of Ketoprak Humor entitled "Gambar Berguna-guna" (The Magical Picture). Then, to collect the data, 1 record one episode of "Ketoprak Humor" randomly. 1 transcribe and put numbers on Javanese utterances along with the context, and classify them based on Poedjosoedarmo?s theory of Javanese speech levels. I put into calculation table to find out the most commonly speech level has been used by the players. After that, I analyze the categorization of the level by giving representative examples. In addition, I analyze each level based on Holmes? theory about social factors and social dimensions to find out the rule of usage of each level that has been used in the episode of Ketoprak humor. After analyzing the data, I find out that the conversations which are produced in "Ketoprak Humor`` are dominated by the use of Ngoko style. However, higher styles such as Madya and Krama also appear in the conversations to show respect or politeness toward the elder or,somebody who has a very high status or to create more serious atmosphere of conversations about a particular problem. In addition, I find out that in the episode of Ketoprak Humor entitled Gambar Berguna-Guna, Ngoko speech level can be used by participants who have the same social status and intimate relationship, people of different social status with intimate or non intimate relationship, in both formal and informal setting, in informal topic, and for affective function. In addition, Madya speech level can be used by participants of the same social status who have intimate relationship, participants of different social status who have close or not close relationship, in both formal and informal setting, in informal topic, and for affective function. Last, Krama speech level in the episode of "Gambar Berguna-Guna" is used by participants who have different social status but intimate relationship, in formal place, in informal topic, and for affective function. It is obvious that there are some occasions whereby the rules of usage according Poedjosoedarmo?s theory are not fully followed due to the specific demand of the stage. Thus, they may use level that makes them easiest in expressing the idea and to be enjoyed fully by the audience.

Keyword : javanese, language, style, ketoprak, humor, speech

Sumber : http://repository.petra.ac.id/2471/

Author : MURIADI, EKO

This dissertation into marketing strategic through buffet events is written as the final part of the trainingship. Ln order to examine; Buffet events as a main tool of Moy Fa's marketing strategy to increase the quantity of regular customers. Qualitative research has been conducted. This qualitative research is divided into five parts. The first part of the literature review concerns the concept of marketing strategic and buffet. These review shows that marketing strategic in hospitality industry have big influences, this also give information about the relationship between marketing strategic in hospitality industry and buffet events. This information from the literature is needed as a the basic for the continuation of the dissertation. The second part, understanding about buffet and buffet events and all the aspects supporting, is reviewing the literature concerning, managing buffet and buffet events. It shows that, from buffet event more people are coming to the restaurant. Many aspects have to be followed to have a successful buffet events such as shape, structure, finishing, decoration, equipment, utensil, room, menu and the most important is guest mood and interest. Successful buffet events cannot be separated from the famous name of the restaurant. This part also viewing about the benefits that the restaurant can receive from the buffet events. In these two parts from the literature study of the dissertation lay the Bank for the fieldwork. The third part is presenting about Moy Fa in general and historically, and also how the owners manage the buffet. The fourth and fifth parts of the research concern case study, recommendation, summary, and suggestion. The case study is based on the literature reviews, observation, questioners and information from my colleague. This case study gives an impression about buffet events in Moy Fa restaurant and how Moy Fa restaurant managing their buffet events. Moy Fa restaurant is one of the members of Fine Eastern Restaurant organization and which is also in cooperated with Selected Indonesia Restaurant organization in Holland. Therefore the information gained through this research can give a valuable indication about buffet events. It can be concluded from the Moy Fa restaurant case that managing buffet events in Moy Fa restaurant is already arranged one year before and the monthly buffet events menu is created during the year, therefore the menu is always up dated. However there are some aspects needed to improve in holding buffet events in Moy Fa restaurant. Some recommendations for the hospitality industry especially restaurant and cafe would be: Give some special attention and attraction in holding buffet events especially annual buffet events or special buffet events such as national holidays events, Christmas event, and many more. Because this research is a relative new field, further research is recommended to give more detailed information about this subject, this research can be a starting point for further research.

Keyword : marketing strategic, buffet events, restaurant

Sumber : http://repository.petra.ac.id/2470/

Author : SOETIKNO, YULIANA

Perkembangan penduduk yang pesat menyebabkan meningkatnya permintaan akan sarana jalan yang mampu menahan beban lalu lintas rendah sampai sedang tetapi mempunyai tingkat keamanan dan kenyamanan tinggi. Penggunaan aditif gilsonite pada campuran Hot Rolled Sheet merupakan salah satu alternatif untuk mengatasi masalah tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk meneliti pengaruh penggunaan aditif gilsonite terhadap stabilitas Marshall, rongga udara, Marshall Quotient, indeks perendaman, stabilitas dinamis, dan deformasi dari campuran Hot Rolled Sheet. Penelitian dilakukan di Laboratorium Perkerasan dan Bahan Jalan Universitas Kristen Petra Surabaya untuk pengujian Marshall dan Pusat Litbang Jalan Bandung untuk pengujian Wheel Tracking. Untuk pengujian Marshall, persentase gilsonite yang digunakan 4%, 6%, 8%, 10% dan 12% dari berat aspal optimum campuran. Pengujian Wheel Tracking dilakukan untuk campuran Hot Rolled Sheet dengan kadar aspal optimum dan kadar gilsonite optimum yang diperoleh dari pengujian Marshall. Dari pengujian Marshall diperoleh kadar gilsonite optimum pada Hot Rolled Sheet sebesar 7.93 % dari berat aspal optimum campuran. Hasil dari pengujian Wheel Tracking menunjukkan bahwa penggunaan gilsonite pada Hot Rolled Sheet meningkatkan stabilitas dinamis dan memperkecil deformasi.

Keyword : gilsonite, hot rolled sheet, marshall stability, air void, marshall quotient, immersion index, dynamic stability, deformation, marshall test, wheel tracking test

Sumber : http://repository.petra.ac.id/2469/

Total quality management focusing on service quality of an Indonesian Restaurant Rasa Senang in Kaatsheuvel

Author : ERIATY, FANNY

Quality has become essential to the success of every business, especially in hospitality industry. The goal of quality is relatively simple and straightforward: to consistently meet or exceed customer expectations by providing products and services at process that create value for customers and profits for the company. Achieving quality, on the other hand, is hardly simple and seemingly never straightforward. The new issues into the quality now becomes more famous. Total Quality Management (TQM) - as written in this thesis; a philosophy that requires a change in organisational culture, a fundamental change in the way individuals and groups approach their work and their roles in the organisation, that is, from an environment of distrust and fear of reprisal to one of openness and trust where creativity can flourish; from working as individuals to working as teams; from protection of organisational turfs to the breakdown of departmental barriers; from an autocratic management style of direction and control to a softer style of team leader and coach; from power concentrated at the top to power shared with employees; from a focus on results to a focus on continuous improvement of the processes that deliver the results; and finally a change from making decisions based on good feel to an analytic, fact - based on approach to management. This thesis into The Introduction of Total Quality Management (TOM) focusing on Service Quality of an Indonesian Restaurant, Rasa Senang in Kaatsheuvel (RSK), try to inform the reader - the elaboration of all important issues regarding with service quality in a restaurant's organisation. To provide the best service for their customers, by meeting customer's expectation and customers requirements.

Keyword : total quality management, restaurant, service quality

Sumber : http://repository.petra.ac.id/2468/

Author : CHRISTIEN, DIANA

Salon profesional di Surabaya adalah sebuah salon yang memiliki jenis perawatan rambut, wajah dan tubuh yang lengkap, alat-alat canggih (mekanik dan elektrik), fasilitas lengkap, menggunakan satu merek produk untuk perawatan dan penjualan produknya dan tenaga kerja lebih profesional dan banyak (ditraining dulu). Fasilitas yang direncanakan meliputi hall, resepsionis, area tunggu, ruang konsultasi, area potong rambut, area penataan rambut, area cuci rambut, area pewarnaan rambut, area cuci rambut (sebelum/sesudah di warna), ruang ganti, area display "hair colouring", area ion/rebonding, area pengeritingan rambut, area penyambungan rambut, area cuci rambut (sesudah/sebelum ion/rebonding, pengeritingan dan penyambungan rambut), area creambath, hair spa, hair mask, ruang ganti, cuci rambut, area terapi rambut, cuci rambut, ruang ganti, area perawatan wajah, area perawatan rambut, ruang pengelola, ruang karyawan, gudang dan ruang penyimpanan obat salon. Konsep perancangan salon profesional di Surabaya ini adalah modern regional berdasarkan latar belakang masalah yang diangkat.

Keyword : professional salon, facilities, design concept

Sumber : http://repository.petra.ac.id/2467/

Author : BAGIYONO, AGUS

Consumers used to judge a restaurant primarily on ambiance, service, and food quality. But now, a fourth criteria has been added: wine. Wine is a unique subject. It can be made from many kinds of different grapes, have some principles of tasting, need a specific treatment for storing and have rules to serve. This thesis will analyze the wine menu in Spandershoeve, how the wine can influence the restaurant performance in Netherlands. This thesis is written as the final task of my study in Hotel Management Program. The beginning point is from the Lekker magazine. Lekker is a magazine that has aim as restaurants guide in The Netherlands. Some articles in that magazine said that some restaurants have bad service about wine. This could create bad image in the customer's mind when they read it. Comes up with this idea there should be a connection between wine and restaurant performance. This thesis will have 4 sections. First section the writer will discuss about restaurant performance and the connection of it with wine menu. In this chapter the writer try to find out how the wine could influence the restaurant performance. After that in the second section, the writer will see the general picture of Spandershoeve restaurant. Spandershoeve restaurant had been chosen to be the field of research. Third section will take the writer and the reader into a journey to know about the world of wine, how it made, how to store and serve it, how to read a bottle of wine, etc. All of that information was based on literature review. All this information will be very useful for those readers, which is new in the world of wine. In the last section, by using observation and interview method the writer will look at the system of the wine menu in the Spandershoeve, family owned Indonesian restaurant. How the Spandershoeve store their wine, serving the wine to the guest, how they make wine list, etc. After that the writer will come up to the conclusion, opinion and suggestion that the writer made regarding to the problem statement, "How the wine menu can help improve the restaurant performance?"

Keyword : restaurant, ambiance, service, food quality, restaurant performance

Sumber : http://repository.petra.ac.id/2466/

Author : SARI, PUSPA

Restoran Jade Imperial yang berlokasi di jalan Raya Kupang Indah No. 27 dan Plaza Tunjungan IV lantai 5 Surabaya merupakan restoran yang berpijak pada konsep yang sama yaitu restoran China serta pada satu menejemen. Kedua restoran juga memiliki kesamaan dalam menyediakan hidangan yaitu Chinese Food dan menu-menu khas restoran tersebut. Namun, bila dicermati secara detail terutama dalam konteks interior dan dekorasinya, masing-masing restoran ini menggunakan unsur-unsur yang berbeda pada elemen pembentuk ruangnya. Penelitian ini meneliti tentang perbandingan penataan interior pada kedua dining room restoran Jade Imperial dalam nuansa/desain China. Penataan interior yang diteliti meliputi elemen-elemen pembentuk ruang yaitu: lantai, dinding, plafon, jendela, pintu, perabot dan aksesorisnya. Hasil yang diperoleh dalam penelitian ini adalah dalam dining room restoran Jade Imperial jalan Raya Kupang Indah No. 27 digunakan lebih banyak unsur-unsur yang mencerminkan suasana China pada lantai, dinding, plafon, jendela, pintu, perabot, dan aksesorisnya dibandingkan dengan dining room restoran Jade Imperial Plaza Tunjungan IV. Perbandingan terbanyak terlihat pada penggunaan aksesoris/unsur dekoratif.

Keyword : interior design element, restaurant, chinese element design

Sumber : http://repository.petra.ac.id/2465/

Author : , ARGASARI



Keyword : marketing, hotel, sales strategy, management

Sumber : http://repository.petra.ac.id/2464/

Author : IWAN, ANDRIANUS

Gedung Gereja Katolik Kelahiran Santa Perawan Maria yang berusia lebih dari 100 tahun telah mengalami pengotoran dan kerusakan di beberapa bagian, sehingga diperlukan upaya konservasi untuk mempertahankan nilai sejarahnya. Evaluasi terhadap alternatif-alternatif pembersihan, perbaikan dan pemeliharaan dari segi kualitas, biaya pengerjaan, biaya pemeliharaan dan kesulitan pelaksanaan dilakukan untuk mendapatkan alternatif yang paling baik. Alternatif pembersihan ditujukan untuk bagian yang kotor sedangkan alternatif perbaikan ditujukan untuk bagian yang rusak. Alternatif yang dievaluasi adalah pembersihan secara mechanical dan chemical, perbaikan dengan batu-bata dan face-brick, serta pemeliharaan dengan dan tanpa menggunakan water repellent. Estimasi biaya, analisa biaya dan estimasi jadwal digunakan untuk mengevaluasi biaya pengerjaan dan pemeliharaan, sedangkan evaluasi kualitas dan kesulitan pelaksanaan dilakukan dengan studi pustaka. Analisa biaya menggunakan NPV (Net Present Value) dengan periode analisa 32 tahun dan suku bunga 20% terhadap kombinasi-kombinasi metode perbaikan dan pemeliharaan. Analisa biaya terhadap altematif pembersihan tidak dilakukan karena penggunaannya tidak dianjurkan. Hasil analisa biaya menunjukkan perbedaan tidak signifikan antara kedua metode perbaikan untuk pemeliharaan dengan water repellent, tetapi signifikan untuk pemeliharaan tanpa water repe/lent. Perbaikan dengan face-brick lebih mahal dari perbaikan dengan batu-bata, dan pemeliharaan dengan water repellent jauh lebih mahal dibandingkan tanpa water repellent.

Keyword : evaluation, cleaning, repair, maintenance

Sumber : http://repository.petra.ac.id/2463/

Author : BUDIMAN, SILVI

In The Budha of Suburbia, Hanif Kureishi, one of the post-colonial authors, raises a problem that is encountered by most ex-colonized people after the colonial period. Confusion and need for identity are experienced by these ex-colonized people as the effect of colonialism either in the ex-colonized country or the mother country. In this novel, Haroon and Karim, the main male characters, are used by Kureishi to describe the condition of a person who faces identity crisis for his being `hybrid?. Haroon, an Indian comes to England to get higher education, undergoes a crisis of identity as a result of the colonial education he got during his childhood. He becomes a person with the physical look of an Indian and the manner, the taste and the thought of an Englishman. While his son, Karim, faces crisis identity as a result of his condition as a ?hybrid?. This agony leads both Karim and Haroon to search for identity. Identity becomes a key word in this work. Therefore, the thesis writer wants to analyze the efforts of both Karim and Haroon in searching for identity. Since this work talks about the problems dealing with the search for identity of the ex-colonized in contemporary Britain, the thesis writer analyzes the efforts of Karim and Haroon in the form of cultural approach using post-colonial theories which are also supported by historical fact especially the history of colonial education and the history of immigrant and the discrimination in Britain. After analyzing the efforts, it can be seen that although Karim and Haroon are both `hybrid?, they have different efforts in searching for their identities. In addition, it is only through a long process of searching for identity that both Karim and Haroon are able to find identity they desire. Finally, it can be concluded that searching for identity is a typical post-colonial problem because one?s identity is shaped by colonization that always produces a ?hybrid`.

Keyword : english, fiction, kureishi, hanif, budha, suburbia

Sumber : http://repository.petra.ac.id/2462/

Author : CHRISTIAN, STANLEY

Kenaikan konsumsi energi dan semakin menyusutnya sumber daya energi mendorong usaha untuk mengurangi konsumsi energi. Pada penelitian ini dibahas kinerja energi Gedung W UK Petra yang berlantai 10 dengan penggunaan Air Conditioner-nya yang cukup intensif. Evaluasi dilakukan dengan bantuan program analisa energi Micro-DOE-2.1E untuk mendapatkan konsumsi energi tahunan dan intensitas konsumsi energi Gedung W, kemudian dibandingkan dengan kondisi aktual. Dari analisa tersebut, intensitas konsumsi energi Gedung W adalah 256,69 kWh/m 2 -tahun. Dari kecenderungan yang terjadi, lantai lima dan lantai di atasnya memakai sebagian besar energi dibandingkan lantai di bawahnya. Beberapa modifikasi telah dilakukan pada komponen bangunan tersebut untuk mendapatkan efisiensi kinerja energi. Solusi yang dilakukan berupa modikasi lampu dan pengurangan AC dan menghasilkan efisiensi sebesar 26,65%.

Keyword : energy consumption, energy analysis software, efficiency

Sumber : http://repository.petra.ac.id/2461/

Author : DEDDY, DIEGO

Cafe Coffee di Surabaya adalah sebuah fasilitas publik milik swasta, dan bergerak dalam bidang hiburan dengan menyediakan tempat relaksasi dan berbagai minuman kopi. Fasilitas-fasilitas yang direncanakan dalarn Cafe' Coffee termasuk ruang makanan dan minuman eksekutif, yang termasuk Gift Shop, Cake Shop, Bar, dining roorn, kantor dan gudang. Dengan cara meningkatkan suasana-suasana santai yang dibutuhkan dan diinginkan oleh eksekutif, perancangan Cafe Shop secara melekat mengacu pada "rileks" dengan gaya modern. Oleh karena itu peraucangan interior memiliki pola ruang, pola lantai, dan pola plafon yang menggunakan bentuk-bentuk geometris dan secara dinamis terpadu sehingga dapat memberikan nuansa santai dengan sentuhan gaya modern menggunakan pemilihan bahan.

Keyword : cafe coffee, facilities, designing concepts

Sumber : http://repository.petra.ac.id/2460/

Author : NURDI, INDRAWANTO

Produktivitas pekerja dalam suatu pekerjaan sangat berpengaruh dalam penentuan upah kerja. Semakin tinggi produktivitas pekerja maka akan semakin rendah anggaran yang digunakan dalam suatu proyek untuk membayar upah pekerja itu. Dengan dilakukannya penelitian ini diharapkan akan membantu para kontraktor untuk memperkirakan anggaran dasar untuk upah pekerja Penelitian ini nantinya akan dilakukan pada proyek perkantoran dan dilakukan pengamatan terhadap berbagai jenis pekerjaan, yaitu pekerjaan bore pile dan bentonite pile pada proyek perkantoran Basuki Rahmat dan pekerjaan kolom, balok dan pelat dan dinding pada proyek Perkantoran Halim Sakti. Hasil dari pengamatan dilapangan diolah menjadi tabel produktivitas, diperoleh nilai produktivitas yang nantinya akan diolah menjadi tabel man hour. Dari tabel tersebut kemudian dibuat grafik hubungan antara produktivitas dan upah kerja untuk berbagai jenis pekerjaan itu, hasilnya berupa persamaan linear regresi dan nilai determinasi. Hasilnya adalah nilai produktivitas, upah kerja, persamaan linear regresi dan determinasi. Kesimpulan yang didapat adalah semakin tinggi produktivitas maka semakin rendah upah kerja yang dikeluarkan.

Keyword : labor salary, productivity, man hour, linear regression and coefficient

Sumber : http://repository.petra.ac.id/2459/

Author : SANTOSO, SAIMEN

This report is going to discuss about consumer behaviour in Parkheuvel restaurant. It is very necessary to put the matter into the surface because if we run service industry especially in Horeca ( Hotel, restaurant, andcafe ) we have to know exactly our customers in order to stay and survive in rail of competition. Many things have been done to attrack customers, for example: maintaining the quality of the products, offering various menus at reasonable prices, designing the restaurants in a comfortable atmosphere, and maybe also with promotion. Parkheuvel restaurant stresses in its various menu. There is a phenomenon that all of the set menus in Parkheuvel constantly are being modified in certain periods of time, but still there is a tendency of people choosing Parkheuvel menu. The problem statement of the research is: Why the guests tend to choose Parkheuvel menu? Some research questions have been made to find an answer to this problem statement. The methodologies that will be used are literatur study which needed to find out what other authors had to say about consumer behaviour, interviewing, and observing. By doing all the methodology, it will arrive to answers all the answers of the research questions and problem statement.

Keyword : consumer behaviour, restaurant, service industry, hotel, menu

Sumber : http://repository.petra.ac.id/2458/

Restoran vegetarian Nirvana Vegan

Author : TJANDRA, BUDIYANTO



Keyword : vegetarian restaurant, surabaya

Sumber : http://repository.petra.ac.id/2507/

Author : NICO, LEROY

PT Orindo Alam Ayu adalah sebuah multi-level marketing yang bergerak dalam bidang kosmetik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tentang tingkat kepuasan komunikasi distributor dan pengaruh kepuasan komunikasi terhadap produktivitas kerja distributor. Teknik penarikan sampling yang digunakan tipe accidental sampling. Pengumpulan data dilakukan melalui studi lapangan dengan membagikan kuesioner. Penelitian ini menggunakan tes validitas dan reliabilitas dan pertanyaan ke 15 dinyatakan tidak valid. Setelah itu data dikumpulkan kemudian diolah dengan analisa regresi linier sederhana yang menunjukkan bahwa kepuasan komunikasi tidak ada pengaruhnya terhadap produktivitas kerja. Dan dapat diungkapkan bahwa kepuasan komunikasi distributor PT Orindo Alam Ayu relatif tinggi karena tercermin dari rata-rata setiap pertanyaan yang ada dalam kuesioner relatif tinggi.

Keyword : communication satisfaction, productivity work

Sumber : http://repository.petra.ac.id/2506/

Author : TJANDRAKUSUMA, SYLVIE



Keyword : working area, account executive, management, work satisfaction

Sumber : http://repository.petra.ac.id/2505/

Author : SURYANATA, RICKY

PT. Cakra Perkasa Jayamulia adalah sebuah perusahaan yang bergerak dalam bidang perencanaan dan pembuatan peralatan khusus. Laporan Tugas Akhir mi dimaksudkan untuk mengetahui perencanaan jadwal kegiatan kerja, taksiran waktu dan biaya penyelesaian, serta analisa waktu dan biaya sesungguhnya yang terjadi dalam proyek direct loading conveyor PT. ADARO INDONESIA Kelanis, Tanjung, Kalimantan Selatan. Laporan ini diharapkan dapat memberikan masukan yang berarti bagi pihak perusahaan.

Keyword : planning, work schedule, analysis of actual time and cost

Sumber : http://repository.petra.ac.id/2504/

Author : SUGIARTO, GONDO

Persaingan industri produk minuman ringan dewasa ini, menyebabkan setiap badan usaha berusaha untuk merebut pangsa pasar. Oleh karenanya, kepuasan pelanggan menjadi prioritas utama yang selalu diperhatikan. Dengan terciptanya kepuasan pelanggan maka pelanggan akan loyal terhadap merek tersebut dengan melakukan pembelian ulang. Hal ini dapat dicapai bila badan usaha produk minuman ringan Coca Cola, secara terus menerus mempertahankan dan meningkatkan kepuasan pelanggan dengan berusaha memenuhi kebutuhan dan keinginan pelanggan yang nantinya akan berpengaruh pada intensitas pembelian. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis linier berganda untuk mengetahui pengaruh. Perhitungan koefisien determinasi (R square) untuk mengukur seberapa besar pengaruh variabel bebas terhadap variabel tidak bebas. Teknik pengujian hipotesis yang dipakai adalah uji F dan uji t. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa elemen-elemen kepuasan pelanggan mempengaruhi loyalitas merek, dimana elemen kepuasan taste mempunyai pengaruh terbesar terhadap loyalitas merek produk minuman ringan Coca Cola.

Keyword : consumer satisfaction, restaurants, coca cola

Sumber : http://repository.petra.ac.id/2503/

Komputerisasi sistem informasi manajemen di PT. Pada Jaya

Author : CAHYADI, JOHAN

Semakin berkembangnya teknologi menuntut adanya suatu sistem informasi yang cepat dan tepat. Kebutuhan akan informasi yang cepat dan tepat diikuti pula dengan pengarsipan dan pengumpulan data yang efektif, baik data persediaan bahan baku, data produksi maupun data penjualan. Sistem informasi manajemen yang berupa pengumpulan dan pencarian data secara manual sudah tidak mampu lagi mencukupi kebutuhan informasi perusahaan dengan cepat, tepat dan akurat. Tujuan pembahasan laporan adalah merancang suatu sistem informasi manajemen yang efektif dan terkomputerisasi yaitu merancang suatu aliran informasi baik berupa dokumen maupun barang antar departermen tanpa menyebabkan adanya duplikasi informasi yang berlebihan dan membangun suatu program basis data yang tangguh untuk mempermudah pengumpuylan data-data. Pembahasan laporan terdiri dari empat tahap yaitu pembuatan sistem informasi manajemen awal perusahaan, pembuatan usulan sistem informasi manajemen perusahaan, perancangan komputerisasi usulan sistem informasi manajemen perusahaan dan pembangunan program basis data dari rancangan komputerisasi usulan sistem informasi manajemen perusahaan. Komputerisasi sistem informasi manajemen perusahaan dengan menggunakan suatu basis data akan memudahkan proses memasukkan, pencarian dan penyimpanan data, sehingga dapat membantu penyediaan informasi dengan cepat, tepat dan akurat. Komputerisasi sistem informasi manajemen dengan menggunakan suatu basis data juga meningkatkan efisiensi waktu dalam pengolahan data.

Keyword : technology, information system, management

Sumber : http://repository.petra.ac.id/2502/

Studi eksperimen iklan-iklan Sampoerna Hijau untuk menilai respon perokok dan bukan perokok di Surabaya terhadap kreatifitas iklan

Author : YUNITA, VERA

Globalisasi yang melanda dunia telah merubah tata cara strategi bisnis sebagian besar perusahaan untuk semakin ketat dalam menghadapi persaingan. Untuk mempertahankan posisinya dalam pasar, perusahaan diharapkan semakin kreatif dalam membuat iklan untuk mendukung bisnisnya, dunia periklanan merupakan suatu investasi untuk menunjang usaha memasarkan produk di pasarnya. Dalam hal ini P.T.H.M. Sampoerna memasarkan produknya Sampoerna Hijau melalui iklan yang unik dan lucu dengan berbagai versi yang berbeda dari jenis iklan yang lain, dengan tujuan untuk mengingatkan dan mempertahankan posisinya dalam pasar. Dari iklan tersebut pemirsa memiliki respon tersendiri terhadap kreativitas yang dimiliki oleh iklan tersebut Dalam penelitian ini digunakan data primer yang diambil langsung dari kuesioner sebanyak 350 responden di Surabaya yang bersedia menyaksikan tayangan iklan, dengan jumlah 175 responden perokok dan 175 responden bukan perokok. Hasil penelitian menunjukan bahwa tidak terdapat perbedaan respon antara perokok dan bukan perokok di Surabaya dalam menilai kreativitas iklan Sampoerna Hijau.

Keyword : advertising, consumer, cigarette

Sumber : http://repository.petra.ac.id/2501/

Author : SUTOYO, SIANNY

Didalam penelitian ini membagikan kuesioner sebanyak 150 responden dan hasilnya menyatakan bahwa tidak terjadi perbedaan tingkat kepercayaan antara member dan non-member di restoran Seafood Sarkies Surabaya.

Keyword : seafood restaurant, members, non members, trust

Sumber : http://repository.petra.ac.id/2500/

Author : KUSUMOHARDJO, VERAWATI

This thesis primarily deals with the superiority complex as seen in William Shakespeare?s Coriolanus, which is the main character of this play. Shakespeare wraps this story in a good form of tragic drama in which the tragic hero meets his downfall because of a flaw in his character. Later, the thesis writer discusses the causes of Coriolanus?s superiority complex and how the superiority complex is manifested in Coriolanus?s life. Thus, the purpose of the study is, firstly. to show that Coriolanus becomes superior because of the influences of his personal qualities, his family atmosphere and the circumstances of the environment. In addition, it is also to show that the Coriolanus?s superiority reveals itself in his intense egocentricity, his pride and his gods-like nature. Then, in her methodology, the thesis writer uses several sources found in library, CD-ROM and internet search engines such as the collection of books and articles. It is a way to get wider and deeper information or criticism about the book itself and the author as well. As a matter of fact, the thesis writer deals with psychological theory namely Adler?s Superiority Complex as the theme of the study, yet she mainly uses literary approach in analyzing Corilanus?s character. In this character study, the thesis writer discusses two analysis namely Coriolanus?s upbringing and Coriolanus?s adulthood. In conclusion, the thesis writer finds that a man with superiority complex shows his egocentricity, pride and gods-like nature which are mostly caused by himself and his environment including his family atmosphere.

Keyword : english, drama, shakespeare, william, coriolanus

Sumber : http://repository.petra.ac.id/2499/

Author : FEBIANI, PAMELA

Kualitas layanan merupakan faktor yang cukup penting pada sebuah supermarket. Apabila kualitas layanan tidak memenuhi harapan konsumen, maka konsumen akan mencari altematif lain untuk tempat berbelanja. Untuk memahami harapan konsumen maka perlu dilakukan perancangan peningkatan kualitas layanan dengan metode QFD. Penggunaan QFD membantu supermarket memfokuskan perbaikan yang sebaiknya dilakukan untuk memenuhi harapan konsumen tersebut. Pihak Supermarket "X" perlu mengetahui harapan konsumen, tingkat kepuasan konsumen, perbandingan dengan kompetitor terhadap kriteria layanan supaya dapat membuat rancangan perbaikan sesuai kemampuan dan komitmen Supermarket "X". Data-data tersebut diperoleh melalui penyebaran kuesioner dengan respondennya adalah konsumen yang berbelanja di Supermarket "X". Penyebaran kuesioner menggunakan teknik non random accidental dan sebanyak 150buah. Pengolahan dari data-data yang telah terkumpul tersebut terlihat bahwa harapan konsumen pada semua dimensi kualitas layanan belum terpenuhi, terutama pada dimensi responsiveness (antrian kasir lama). Harapan konsumen yang yang mempunyai prioritas cukup tinggi, antara lain kecekatan karyawan melayani konsumen, antrian kasir tidak lama dan panjang, dan kualitas produk yang dijual. Konsumen sudah cukup puas dengan kriteria layanan kelengkapan produk yang dijual, penerangan ruangan yang baik, harga bersaing, dan kerapian penataan produk sesuai kelompoknya. Dibandingkan dengan kompetitornya, secara keseluruhan kualitas layanan Supermarket "X" sama (tidak ada beda). Tetapi dilihat dari dimensi kualitas layanan yang ada Supermarket "X" lebih unggul pada dimensi tangible dan Supermarket "Z" lebih unggul pada dimensi assurance.

Keyword : service-quality, quality function deployment, customer satisfaction

Sumber : http://repository.petra.ac.id/2498/

Analisa pengaruh atribut produk terhadap pembentukan brand image radio Global FM di Surabaya

Author : , ERWIN

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa jauh atribut produk yang terdiri dari kemasan acara yang ditawarkan, kelengkapan koleksi lagu, kualitas pemberitaan, request time, dan kualitas penyiar mempengaruhi pembentukan Brand Image radio Global FM. Alat analisa yang akan digunakan didalam penelitian ini adalah menggunakan regresi berganda dan menggunakan bantuan program SPSS 11.0. Didalam penelitian ini membuktikan bahwa kelima atribut produk benar-benar berpengaruh terhadap pembentukan Brand Image radio Global FM dan telah terbukti bahwa variabel acara mempunyai prosentase terbesar dalam pembentukan Brand Image radio Global FM.

Keyword : product attribute, brand image, radio

Sumber : http://repository.petra.ac.id/2497/

Rancangan peningkatan kepuasan konsumen di Supermaket X dengan metode quality function deployment

Author : INDRI, JOCKEYANNA

Kualitas layanan mempunyai pengaruh yang cukup besar di dalam pencapaian kepuasan konsumen terutama untuk usaha yang bergerak di bidang jasa layanan seperti halnya sebuah supermarket. Dengan metode QFD ini diharapkan pengelola supermarket dapat memusatkan rencana atau langkah-langkah yang akan diambil pada hal-hal yang sesuai dengan apa yang dibutuhkan dan diinginkan konsumen. Untuk membuat rancangan tersebut, pihak supermarket harus mengetahui hal-hal yang menjadi prioritas konsumen terhadap kategori layanan, tingkat kepuasan konsumen, perbandingan dengan kompetitor. Perbaikan-perbaikan yang dilakukan tersebut harus sesuai dengan kemampuan supermarket itu sendiri. Berdasarkan House of Quality yang telah dibuat maka dihasilkan beberapa langkah-langkah yang harus dilakukan oleh Supermarket "X", antara lain adalah: pembentukan divisi-divisi khusus (kontrol produk, kontrol SDM).

Keyword : customer satisfaction, quality function deployment

Sumber : http://repository.petra.ac.id/2496/

Author : , ELLYNAWATI

Penelitian ini memiliki tujuan untuk melihat pengaruh market, size dan book to market equity terhadap perubahan fundamental di Indonesia, baik secara parsial maupun simultan. Sektor yang digunakan sebagai sampel adalah sektor aneka industri dan industri barang konsumsi yang telah mempublikasikan laporan keuangannya secara kontinyu selama tahun 1994 sampai 2004 di Bursa Efek Jakarta. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa market berpengaruh secara signifikan terhadap perubahan fundamental yaitu pada sales dan economic income pada sektor aneka industri dan industri barang konsumsi di Indonesia. Sedangkan size dan book to market equity tidak memiliki pengaruh yang signifikan terhadap perubahan fundamental pada sales dan memiliki pengaruh yang signifikan pada economic income pada sektor aneka industri dan industri barang konsumsi di Indonesia.

Keyword : market, size, book to market equity

Sumber : http://repository.petra.ac.id/2495/

Author : PUSPITA, CELVICA

Industri perhotelan dewasa ini merupakan salah satu industri yang bergerak cepat dalam bidang jasa akomodasi. Dengan semakin bertumbuhnya industri perhotelan di Indonesia maka setiap hotel, khususnya hotel-hotel di Surabaya, saling bersaing dalam memberikan layanan yang berkualitas. Kepuasan konsumen merupakan hal utama yang harus diperhatikan oleh para pekerja yang berkecimpung dalam dunia servis, begitu pula dengan staf dari Hotel 'X', Surabaya. Mereka terus berusaha memberikan servis yang terbaik agar para tamu, khususnya tamu VVIP dan VIP, betah menginap di hotel mereka. Ini terutama adalah tugas dari seorang Guest Relation Officer. Para tamu yang menginap di Hotel 'X', Surabaya, khususnya tamu VVIP dan VIP, tidak mempunyai penilaian yang sama terhadap kualitas servis antara satu dengan yang lain. Karena itu dalam penelitian tugas akhir ini, penulis ingin mengetahui apakah ada hubungan antara penilaian yang diberikan oleh tamu terhadap keterandalan, ketanggapan, dan empati dari GRO dengan faktor karakteristik dari tamu yang menginap di Hotel 'X', Surabaya. Untuk mengetahui hubungan antara karakteristik tamu tersebut dengan penilaian yang mereka berikan, penelitian ini akan dilakukan secara kuantitatif. Adapun sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah tamu VVIP dan VIP yang menginap di Hotel 'X', Surabaya, yaitu sebanyak 75 orang responden dengan menggunakan metode non random sampling. Tehnik analisa yang digunakan oleh penulis dalam mengolah data adalah Tabulasi Silang dan chi sauare dengan program SPSS for Window 9.0 Version. Hasil penelitian menunjukkan bahwa mayoritas tamu WIP dan VIP Hotel 'X', Surabaya adalah tamu pria berusia 40 tahun ke atas dengan gaya hidup business person. Sedangkan penilaian tamu terhadap keterandalan, ketanggapan, dan empati dari GRO pada umumnya baik. Dari hasil penelitian tersebut penulis juga dapat menyimpulkan bahwa tidak ada hubungan antara penilaian tamu dengan faktor gaya hidup tamu sebagai business person.

Keyword : hospitality industry, vvip, vip, guest relation officer

Sumber : http://repository.petra.ac.id/2494/

Author : MARIA, AILEN

Multi Level Marketing adalah sebuah sistem pemasaran baru yang digunakan oleh Oriflame. Sistem pemasaran ini dilakukan oleh seorang distributor. Sistem pemasaran MLM mampu menarik minat sebagian besar masyarakat untuk menjadi distributor. Banyak faktor yang menarik minat masyarakat untuk bergabung menjadi anggota distributor, dalam hal ini penulis mengambil 3 faktor dalam proses me motivasi kerja distributor yaitu proses pemberian insentif, proses pemenuhan kebutuhan dan proses pemahaman produk di dalam MLM Oriflame. Dari hasil analisis penulis menyimpulkan bahwa proses pemberian insentif, proses pemenuhan kebutuhan dan proses pemahaman produk memiliki pengaruh yang kuat terhadap motivasi kerja distributor MLM Oriflame di Surabaya.

Keyword : marketing system, oriflame, gift incentive process, fulfillment needs, process, comprehension product process, work motivation

Sumber : http://repository.petra.ac.id/2493/

Author : SHANTI, R

Model keputusan pendanaan suatu perusahaan yang ada selama ini biasanya dipengaruhi oleh "leverage", kesempatan investasi, dan tingkat pertumbuhan ketika pasar modal dalam keadaan tidak sempurna. Model ini tidak dapat memberikan pedoman dalam membuat keputusan pendanaan yang optimal apabila sebuah perusahaan menghadapi biaya tinggi akibat penggunaan hutang dan ekuitas secara bersama-sama. Salah satu alternatif terbaik untuk mengatasi masalah tersebut ialah dengan menerbitkan obligasi konversi. Pengaruh kondisi industri, kesempatan pertumbuhan, dan reaksi pasar mempengaruhi keputusan diterbitkannya obligasi konversi.

Keyword : corporate, finance, investment, convertible debt, industry conditions, growth opportunities, market reactions

Sumber : http://repository.petra.ac.id/2492/

Author : WIJAYA, FREDDY

Semakin berkembangnya restoran Eropa di Surabaya baru-baru ini merupakan suatu fenomena yang menarik untuk diamati oleh penulis. Pembahasan yang dilakukan pada skripsi ini berhubungan dengan motivasi-motivasi konsumen dalam proses pembelian dan analisa yang meliputi analisa motivasi rasional dan emosional serta ketergantungan antara variabel-variabel yang telah ditetapkan sehingga terbentuk kesimpulan dari analisa ketergantungannya. Hasil data-data tersebut diperoleh dengan cara penyebaran kuesioner secara sampling random. Dari data-data yang diperoleh tersebut, dianalisa dengan analisa deskriptif dan diolah dengan menggunakan metode Chi-square. Dari hasil analisa itu sendiri dapat diketahui macam-macam motivasi yang mempunyai ketergantungan dan yang tidak mempunyai ketergantungan dengan variabel-variabel yang telah ditetapkan. Oleh karena itu Restoran Calvados diharapkan bisa mengevaluasi segala aspek secara total dengan mempertimbangkan saran-saran yang diberikan melalui skripsi ini.

Keyword : calvados restaurant, costumer motivation

Sumber : http://repository.petra.ac.id/2491/

Author : TRIHASTUTI, MELANIE

Seiring dengan semakin modernnya perkembangan jaman menyebabkan meningkatnya persaingan khususnya pada industri rokok. Untuk mempertahankan posisinya dalam pasar serta adanya peraturan pemerintah tentang rokok sehingga membuat perusahaan berusaha melakukan inovasi terhadap produknya. Dalam hal ini PT. Nojorono melakukan positioning pengembangan produk baru melalui produk rokok Clas Mild yang berbeda dari produk sebelumnya yang ditinjau dari kemasan, harga dan rasa. Dari segi kemasan terdiri dari warna, logo dan bentuk tulisan. Dari segi harga didasarkan pada harga rokok sebesar Rp.5500 dan berdasarkan daya beli konsumen. Sedangkan rasa terdiri dari rasa manis, aroma asap dan hisapan. Dalam penelitian ini digunakan data primer dengan menyebarkan kuesioner kepada pengguna rokok Clas Mild. Dalam penelitian ini digunakan alat analisa Regresi Linear Berganda dimana dengan hasil bahwa kemasan, harga dan rasa mempunyai pengaruh terhadap positioning pengembangan produk baru rokok Clas Mild. Dengan hasil tersebut maka hipotesa diterima dimana variabel kemasan mempunyai hubungan yang paling dominan dalam mempengaruhi positioning pengembangan produk baru rokok Clas Mild.

Keyword : marketing, product management, positioning, cigarette

Sumber : http://repository.petra.ac.id/2490/

13 C-Ave

Author : SOEBANDI, STEFANUS



Keyword : business planning, restaurant

Sumber : http://repository.petra.ac.id/2489/

Author : CIA, YENNI

This thesis is written to analyze the idea of the effects of chastity and charity to the characters in Joseph Andrews, written by Henry Fielding. By discussing the effects to the characters in this book, the thesis writer observes that that the characters that live in the country have chastity and charity, while the characters that live in town do not have chastity and charity. Therefore, the thesis writer wants to find the effects of chastity and charity to the characters in two different settings. In order to achieve the purpose in studying the topic, the thesis writer uses literary approach and literary tools : theme, characterization and setting. In the analysis, the thesis writer explains that the characters, who have chastity and charity tend to have a happier life than the characters, who do not have. Then, the thesis writer comes to know that setting has a great effect on the characters. Through this analysis, it is found that country is preferable than a town and that chastity and charity are needed in this life.

Keyword : english, fiction, fielding, henry, joseph, andrews, chastity, charity

Sumber : http://repository.petra.ac.id/2488/

Analisa tingkat kepuasan pelanggan terhadap kualitas jasa Hotel Novotel Surabaya

Author : SUGIANTO, ERWIN

Analisis Tingkat Kepuasan Pelanggan Terhadap Kualitas Jasa Hotel Novotel Surabaya berupaya untuk mengetahui kepuasan dan tidaknya dari para tamu terhadap kualitas produk dari Hotel Novotel Surabaya, dalam hal silent service, image, proactive service, dan quality service. Dimana Hotel Novotel Surabaya yang telah dibuka sejak tahun 1995 telah melewati tahap perkenalan, pertumbuhan, dan sekarang berada pada tahap kematangan pada siklus daur hidup produk (product life cycle). Karena itu penulis ingin mengetahui apakah Hotel Novotel Surabaya telah berhasil memenuhi harapan para konsumennya dalam hal silent service, image, proactive service, dan quality service dengan menggunakan Matriks Prestasi-Kepentingan dalam menganalisa.

Keyword : quality service, novotel hotel, customer satisfaction

Sumber : http://repository.petra.ac.id/2487/

The Influence of leadership style to the employee s loyalty in Restaurant Rasa Senang Oisterwijk

Author : WIDODO, MONICA

Recently in the organizations, the loyalty of the employees becomes more and more important. The managers give more effort and spend more money to gain and maintain employees' loyalty. Customer Loyalty is important, but through employee's loyalty we also can get the loyalty of the customers. That's why through this research we want to analyze the influence of leadership style implemented by the manager of restaurant Rasa Senang Oisterwijk to the loyalty of the employees. In the first chapter, we will show why we choose this topic and why this topic becomes so important to restaurant. In this chapter we also explain our research problem, research questions and a little bit about Rasa Senang restaurant itself. The second chapter contains of a complete and detailed analysis of the references used for the topic of leadership style and employee's loyalty. In the next chapter, we explain our method of analysis. This research uses quantitative method with percentage technique of analysis. And the readers can find the result of our research in the chapter 4. In this chapter we analyze the leadership style implemented by the manager of Rasa Senang and also its connection with the employee's loyally. And for the last chapter, we make the conclusion of our research from the beginning until the result and try to give some useful recommendations for Rasa Senang restaurant. ,

Keyword : employee, restaurant, leadership, loyalty

Sumber : http://repository.petra.ac.id/2486/

The Inventory system of alcoholic beverage and wine to achieve the effetiveness and efficiency in Moy Fa Restaurant

Author : HADRIAN, HARVEY

The thesis is written as the as the final part of the trainingship in order to examine and improve the inventory systems in Moy Fa Restaurant. The writters use qualitative research method . The qualitative research is divided into two parts. The first part of the thesis will introduce about the history of Moy Fa Restaurant, the previous system that is used in Moy Fa Restaurant for purchasing, receiving, and storing. The second part of the thesis is about the literature reviews those are used by the writters. The literature reviews explain about the good systems for purchasing, receiving, storing, iventory and also about the effective and efficiency. Based on the observation of the previous system in Moy Fa Restaurant that is done by the writters and comparing it with the literature review from the second part, the writters found some problems that would become a case study. The writter hopes that with the new system suggested by the writters can be applied in the Restaurant, so the inventory system for alcoholic beverage and wine in Moy Fa Restaurant is getting better and more efficient and effective.

Keyword : inventory system, restaurant

Sumber : http://repository.petra.ac.id/2485/

Perlakuan akuntansi terhadap transaksi pajak pertambahan nilai di PT. X Surabaya

Author : HUDAYA, FENNY

Pajak adalah salah satu sektor penerimaan negara yang penting. PPN adalah salah satu unsur vital pajak yang menimbulkan penerimaan negara yang cukup besar. Namun masih banyak Pengusaha Kena Pajak yang tidak membayar PPN. Alasannya pun cukup menimbulkan simpati, yaitu kurang pahamnya Pengusaha Kena Pajak akan tata cara perpajakan. PT "X" yang merupakan obyek penelitian ini adalah salah satunya sehingga penulis merasa tertarik untuk mengambil topik ini dan menggunakan PT "X" sebagai obyek penelitian untuk penulisan skripsi. Penulisan skripsi ini mengambil topik perlakuan akuntansi terhadap PPN. Penulis menggunakan jenis penelitian deskriptif dengan desain studi kasus, yang bertujuan untuk membahas atau mengkaji suatu masalah atau kasus tertentu secara mendalam. Penulis melakukan penelitian ini karena ingin mengetahui perlakuan akuntansi terhadap PPN yang benar dalam kaitannya dengan pencatatan PPN untuk transaksi tersebut dalam rangka penyajian laporan keuangan yang dilakukan oleh PT "X". Sesuai dengan rumusan masalah yang diambil, dan melalui penelitian yang dilakukan atas rumusan masalah tersebut, penulis telah menemukan bahwa PT "X" telah melakukan pencatatan atas semua transaksi yang berkaitan dengan PPN secara lengkap. Meskipun pencatatan yang dilakukan PT "X" dapat dikatakan lengkap, tetapi perlakuan akuntansi yang diterapkan dalam pencatatannya masih kurang tepat.Terhadap perlakuan akuntansi yang kurang tepat tersebut, diusulkan cara pencatatan yang benar agar PT ?X? dapat mengkoreksi pencatatannya. Usulan koreksi yang penulis lakukan terhadap pencatatan PT ?X? menimbulkan perubahan pada laporan keuangan yaitu laba perusahaan di laporan rugi laba menjadi lebih kecil dan menambah akun utang PPN di Neraca PT ?X?.

Keyword : accounting treatment, value added tax

Sumber : http://repository.petra.ac.id/2484/

Author : NATALIA, MARIA

Nowadays, business competition becomes so high between companies. Customer satisfaction is a crucial thing to keep companies in business. That is why; every company is trying to exceed customer satisfaction. Customer satisfaction can be reached by improving company's processes continuously. First step in improving the process in PT. Doulton is identifying the problem that faced by company. After that, the measurement and analysis are done to identify the root cause of the problem. The measurement and analysis processes are using process mapping method. Then, the corrective actions that need to take are identified. The problem faced by PT. Doulton is the big number of body fault found in Enamel Selection Department. This problem happened because the Glost Selection Department did not do detailed checking to glost, and sampling method used in QA glost did not represent the real condition of the batch. The corrective action suggested are reduced the target value set for glost selector, so glost selector can do detailed checking to glost. Moreover, PT. Doulton can used suggested sampling method that represent the batch condition better than the previous one.

Keyword : process improvement, process mapping, sampling method

Sumber : http://repository.petra.ac.id/2483/

gambar

gambar
gabarrrr